pernah dimarahin sama orangtua kan? gimana rasanya? ga enak? pasti itu.
kadang waktu marah, orangtua bilang "kalau dibilangin dengerin!" atau kalau orangtua nanya dan kita diem aja mereka bilang "jawab kalau ditanya!"
kadang aku mikir, orangtua ko bilang gitu ya? labil deh. bikin kita ngerasa serba salah. diem salah, jawab salah. padahal kalo dipikir-pikir, orangtua juga sama kaya kita, pengen diperhatiin.
waktu kita diem ngedengerin orangtua naehatin, mungkin ekspresi kita kaya orang yang ga peduli, atau bahkan orangtua kita tau kalau sebenernya kita lagi mikirin hal lain diluar masalah kita sama orangtua, jadi orangtua bilang "kalo dibilangin dengerin!". terus waktu orangtua kita bilang "jawab kalau ditanya!" mungkin maksud mereka biar kita sadar sama kesalahan kita.
ataupun kalau kita emang ngerasa ga salah, coba deh dengerin dulu kenapa orangtua kita marah.
punya masalah sama orangtua itu kan dosa, ga bagus juga buat kita. mereka yang udah ngurusin kita, masa masih kita tentang juga? kalaupun yang mereka minta ga kaya keingininan kita, apasalahnya kita coba? selama itu bermanfaat ga masalahkan?
intinya, kita harus tau diri. orangtua kita udah ngurusin kita dari kecil. masa setelah gede kita ngecewain mereka? aku, kamu, mereka juga bakal jadi orangtua nanti, ga mau kan punya anak yang ga nurut? kalo gitu, nurut dong sama orangtua...
"buah jatuh ga jauh dari pohonnya"
sekian opininya. makasih ya yang udah baca :D